Latihan serius merupakan hal wajib yang harus dilakukan para atlet. Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Porserosi) yang mewadahi para atlet skateboard membidik nomor ini untuk mendulang emas di Asian Games 2018.

Awal tahun ini, lebih tepatnya di BSD Xtreme Park, Bumi Serpong Damai, Tangerang, pada Selasa, 30 Januari 2018, Porserosi melakukan seleksi 35 pemain skateboard dan telah memilih delapan orang untuk mengikuti pelatihan nasional (pelatnas).

Pelatih Yudi A Toengkagie mengungkapkan, “Mereka harus kasih lihat trik yang mereka kuasai, dan kami lihat tidak hanya triknya, tapi juga mentalnya mereka.”

Tim Skateboard Indonesia

 

Pevi Permana, Mario Palandeng dan Sanggoe Dharma Tanjung yang mewakili diharapkan mampu bersaing dengan pemain profesional di Asian Games.

“Di Amerika Serikat kita akan dilatih oleh pemain pro selama satu bulan setengah,” ujar Pevi yang ingin menambah banyak trik untuk mendulang poin besar.

Khusus untuk skateboard ada tiga atlet unggulan menjadi tumpuan di Asian Games. Sanggoe Dharma Tanjung merupakan juara Asia Skateboarding Championship 2015-2017 dan Mario Kelvin Palandeng merupakan Juara 1 IOXC serta Pevi Permana Putera Juara 3 Asian Indoor Game, sementara atlet lainnya merupakan rangking 8 besar nasional.

Selain membidik prestasi mengharumkan nama bangsa, juga dimaksudkan untuk menuju tangga karier selanjutnya olympiade, di mana skateboard akan dimainkan di Olympiade Tokyo 2020.

Berikut skater mewakili Indonesia di ajang Asian Games 2018:
1. Sanggoe Darma Tanjung (Bali) 
2. Gregorius Aldwin (Jawa Timur) 
3. Pevi Permana Putra (Jawa Barat) 
4. Ahlan Rachmat Karim (Kalimantan Timur) 
5. Fachrell Ardhaffa Putra (Banten)
6. Mario Kevin Palandeng (Bali) 
7. Wanda Septiadi (Jawa Barat) 
8. Aldy Agustiano (Sumatera Barat)

Tim Skateboard Indonesia