Sejauh ini, apa ide tergila liburan Kamu? Pergi ke suatu pulau yang termasuk remote area? Atau travelling dengan budget terbatas? Wah, kalau buat Kratingdaeng rencana liburan yang kayak gitu perlu dimodifikasi, deh. Nyobain extreme sport macam skydiving bisa jadi pilihan Kamu, lho! Eits, tentunya harus Kamu lakukan bersama jasa penyedia skydiving yang berlisensi, ya!

Sesuai dengan namanya, skydiving, olahraga ekstrem ini menjanjikan Kamu menikmati indahnya pemandangan dari angkasa. Dijatuhkan dari ketinggian ribuan meter dari pesawat, pasti bakal bikin adrenalin Kamu meroket sekencang-kencangnya. Tapi sensasi jatuh dari langit dengan disuguhi pemandangan luar biasa yang bisa Kamu lihat dari langit, sungguh bisa jadi pelepas penat yang nggak terlupakan. Tapi untuk mencoba skydiving, Kamu harus aware dengan keadaan kesehatan Kamu, terutama yang punya phobia ketinggian dan gangguan jantung. Selain itu, berat badan Kamu nggak boleh lebih dari 125kg, biar parasutnya nggak susah terbuka.

Menjelang hari eksekusi skydiving, beberapa penyedia jasa skydiving akan meminta surat keterangan sehat untuk memastikan apakah Kamu normal secara jasmani untuk melakukan skydiving. Baru deh, kalau persyaratan kesehatan Kamu udah beres, Kamu bisa menikmati skydiving pertama Kamu! Pastikan Kamu pakai baju yang nyaman buat extreme sport ini, ya!

Di Indonesia, udah lumayan banyak pilihan tempat untuk Kamu menjajal skydiving, atau yang biasa disebut skydiving dropping zone. Yaitu, daerah di mana Kamu bisa mendarat saat melakukan skydiving. Beberapa dropping zone ini terbuka untuk umum, meskipun berada di bawah pengawasan Angkatan Udara. Sebelum menentukan dropping zone, Kamu wajib cari tahu prosedur pemakaiannya seperti apa, biar nantinya skydiving experience Kamu nggak terhalang urusan prosedur. Nah, berikut ini daftar skydiving dropping zone yang popouler di kalangan skydivers Indonesia.

Danau Lido

Nusawiru

Pantai Senggigi

Manado

Gunung Bromo

Pulau Setoko

Tanjung Banoa

Buat Kamu yang baru pertama kali mau coba skydiving, selalu ingat untuk minta brief dan pendampingan dari para instruktur, ya!