Sebagai kota terbesar kedua di Indonesia, Surabaya memang pantas untuk jadi destinasi wisata akhir pekan.

Nah, buat yang ingin sekedar muter-muter kota Surabaya tapi takut tekor di ongkos, nggak perlu khawatir! Sekarang siapa saja bisa keliling kota Surabaya dengan ongkos sampah botol plastik.

Nggak percaya?https://kratingdaeng.co.id/photos/21/Artikel 11 Oktober/Kratingdaeng_Adventure_Place_Keliling Surabaya Seharga Sampah Botol Plastik_cover.jpg

Pemkot Surabaya pada bulan April tahun ini telah melakukan soft launching operasi Suroboyo Bus. Suroboyo Bus adalah program Pemkot Surabaya dalam mengurangi sampah plastik di Kota Surabaya. Soft launching tersebut dilakukan untuk memperkenalkan delapan armada Suroboyo Bus yang akan beroperasi dari rute terminal Purabaya hingga Jalan Rajawali dan sebaliknya.

Untuk dapat menikmati fasilitas bus canggih ini, calon penumpang tak perlu mengeluarkan uang. Cukup bayar dengan sampah lima botol plastik ukuran tanggung, tiga botol plastik besar, 10 gelas air mineral, kantong plastik, atau kemasan plastik lainnya. Sampah-sampah plastik tersebut dapat ditukarkan dengan tiket perjalanan bus di drop box halte dan drop box Terminal Purabaya.https://kratingdaeng.co.id/photos/21/Artikel 11 Oktober/Kratingdaeng_Adventure_Place_Keliling Surabaya Seharga Sampah Botol Plastik_cover.jpg

Jangan skeptis dulu! Walaupun alat pembayarannya menggunakan sampah, bus-bus tersebut didesain apik dan dilengkapi dengan teknologi yang modern. Suroboyo Bus dilengkapi dengan 12 kamera CCTV pada bagian dalam dan tiga kamera CCTV yang disematkan pada sisi luar bus. Kamera-kamera CCTV ini memang dipasang untuk memberikan rasa aman bagi penumpang. Pintu Suroboyo Bus juga dilengkapi sensor gerak yang akan mendeteksi keberadaan penumpang di dekat pintu. Jika ada penumpang yang terdeteksi sensor menghalangi pintu, maka pintu tidak akan tertutup dan otomatis bus tidak akan berjalan. Bus dengan lebar 2,4 meter dan panjang 12 meter ini juga dilengkapi tombol darurat jika terjadi kebakaran atau kecelakaan.

Selain untuk mengurangi volume sampah plastik, keberadaan Suroboyo Bus juga dimaksudkan untuk mengurangi volume kendaraan pribadi yang makin hari makin bertambah di jalanan Surabaya.