Main skateboard, banyak yang bilang kalau berbahaya, tapi ada juga yang bilang asyik.

Kalau menurut Kratingdaeng, meskipun banyak potensi cedera saat bermain skateboard, pasti penggemar action sport lebih banyak setuju jika skateboard adalah olahraga yang selalu bikin nagih untuk dicoba terus. Berbagai trik permainan skateboard pun bermunculan dan sedap dipandang mata saat ditampilkan. Keterampilan bermain skateboard adalah salah satu hal yang memicu dibentuknya komunitas skateboard. Biasanya, di dalam komunitas skateboard sudah tersusun jadwal untuk diskusi maupun latihan trik bersama para anggota. Uniknya, selain mengembangkan komunitas, para penggemar skateboard juga punya hari monumental yang berlaku di seluruh dunia. Wah seperti apa, tuh?

Tiap tanggal 21 Juni, seluruh pecinta skateboard punya hari sakral yang bernama Go Skate Day. Go Skate Day diinisiasi oleh International Association of Skateboard Companies (IASSC) sebagai satu hari di mana para pecinta skateboard turun ke jalanan menggunakan skateboard seharian penuh. Peringatan Go Skate Day ini sudah dimulai sejak tahun 2004 di California, Amerika Serikat.

Caption

 

Berkembang di tahun 2006, setidaknya ada 35 negara di dunia yang ikut menggelar peringatan Go Skate Day dengan total 35 acara yang digelar. Rame banget, ya! Kemudian, di tahun itu pula, IASSC menerima penghargaan yang bertajuk Special Congressional Recognition atas usahanya mengenalkan skateboard kepada masyarakat luas.

Pada umumnya, gelaran Go Skate Day diisi dengan berbagai eksibisi seperti trick demo, pengenalan komunitas pecinta skateboard, hingga bazaar. Tidak jarang juga peringatan ini dimeriahkan dengan keliling kota menggunakan skateboard atau bahkan longboard--yang komunitasnya lumayan sering nimbrung kumpul sama komunitas skateboard.

Di Indonesia, perayaan Go Skate Day digelar di berbagai kota. Bandung dan Surabaya sudah pasti menggelar perayaan hari sakral ini karena kedua kota tersebut punya lintasan skateboard yang skateboarders friendly. Tahun ini pun nggak ketinggalan, ada gelaran yang menarik di Padang karena saat menggelar perayaan Go Skate Day, para pengunjung akan diberi suguhan nasi padang secara cuma-cuma selama perayaan waktu itu. Makan enak, nih!

Kalau di kotamu, Go Skate Day-nya seperti apa?