Share

Jogjakarta nggak pernah kehabisan tempat seru yang bisa dikunjungi. Selain tempat wisata yang cocok untuk mengabadikan momen, Jogja juga punya destinasi wisata yang bisa menguji adrenalin. Mulai dari melintasi gunung, mendaki tebing terjal, berayun dari satu tebing ke tebing lainnya, berseluncur di atas pasir, sampai melihat cahaya indah dari dalam gua. Penasaran? Simak rekomendasi Kratingdaeng di bawah ini.

 

  1. Lava Tour Merapi

Menikmati keindahan gunung merapi nggak bakal biasa lagi setelah Kamu mencoba melewati rute offroad menggunakan mobil jeep. Untuk menikmati tour ini, Kamu bisa mengajak 3-4 orang temanmu untuk ikut. Kamu bakal diajak melewati rute penuh batu bekas jalur lava gunung merapi yang nggak bisa dilewati kendaraan-kendaraan selain jeep. Kamu bisa menikmati jalur vulkanik yang penuh debu, kerikil yang berserakan di mana-mana dan sungai. Cukup merogoh kocek mulai dari Rp 300.000,00 sampai Rp 500.000,00, Kamu bisa menikmati pengalaman yang membuat jantungmu berdegup lebih kencang.

 

  1. Cliff Climbing di Pantai Siung

Nggak hanya terkenal akan keindahan pantainya, Pantai Siung juga jadi tempat yang cocok buat yang doyan mendaki tebing. Terletak di Dusun Wates, Gunung Kidul, Kamu bisa menikmati sensasi mendaki tebing ditemani suara deburan ombak yang menyegarkan. Di sini pengunjung bisa merasakan bagaimana mendaki tebing karst curam yang khas pantai. Cukup membayar Rp 200.00,00 - Rp 300.000,00 Kamu bisa menjajal cliff climbing lengkap dengan perangkat memanjat dan keselamatannya.

 

  1. Gondola di Pantai Timang

Pantai Timang nggak cuma memiliki pemandangan pantai yang unik, tapi juga punya  gondola tradisional yang wajib dicoba. Awalnya, gondola ini digunakan para nelayan lobster untuk berpindah dari satu pulau ke pulau yang lain. Ternyata, gondola ini juga diminati oleh para wisatawan lho. Apalagi Pantai Timang terkenal memiliki ombak yang ganas, inilah yang membuat wisatawan semakin tertantang untuk menyeberangi pulau menaiki gondola. Kalau cukup berani, hanya perlu membayar Rp 150.000,00 untuk mencoba gondola tradisional ini.

 

  1. Goa Jomblang dan Cahaya Surganya

Melihat cahaya matahari dari celah goa nggak hanya jadi mimpi belaka. Kamu bisa mengunjungi Goa Jomblang, Gunung Kidul yang terkenal karena struktur vertikalnya membuat goa ini memiliki pemandangan yang luar biasa. Goa yang terbentuk karena amblesnya tanah di sekitarnya membuat ekosistem yang berada di sini tetap hidup dan membentuk hutan purba yang cantik sekali. Karena medannya yang ekstrim dan tempatnya yang sempit serta rapuh, membuat goa ini hanya bisa dikunjungi 40 orang per harinya. Kalau tertarik mengunjungi Goa Jomblang, bisa booking jauh-jauh hari dan membayar sebesar Rp 450.000,00 untuk perlengkapan keselamatannya.

 

  1. Sand Boarding di Gumuk Pasir

Satu lagi tempat favorit para wisatawan di Jogja adalah Gumuk Pasir yang berada di kawasan Pantai Parangtritis dan Pantai Parangkusumo. Berbeda dari padang pasir lainnya, Gumuk Pasir ini adalah gundukan pasir pantai setinggi 7 meter yang bisa Kamu gunakan sebagai media untuk sand boarding. Kamu bisa menikmati sensasi meluncur di pasir dengan menggunakan papan kayu, helm, dan alat pengaman lainnya hanya dengan membayar Rp 200.000,00 - 300.000,00 saja.

 

 

Tempat wisata ekstrim apa yang akan dicoba lebih dulu, nih?