Share

Mendaki tebing yang curam nan tinggi (rock climbing) memang jadi hobi orang-orang yang menyukai tantangan. Rasa senang dan puas setelah berhasil menaklukkan tebing yang tinggi dengan peralatan seadanya memang yang dicari-cari penggemar olahraga ekstrim. Selain membutuhkan persiapan fisik, mental, dan peralatan pendukung, olahraga ini juga bisa membantu mengurangi depresi lho. So, buat yang menyukai olahraga ekstrim rock climbing atau ingin menjajal olahraga ini, bisa mencoba spot-spot untuk panjat tebing di bawah ini.

 

  1. Lembah Harau

Pulau Sumatera memang terkenal dengan bukit dan lembah yang banyak nan indah. Salah satunya adalah Lembah Harau yang berada di Sumatera Barat, tidak jauh dari Bukittinggi. Selain disuguhi pemandangan hamparan sawah yang begitu luas dan berwarna hijau, Kamu juga bisa menikmati keindahan tebing-tebing batu granit yang membuatmu ingin memanjatnya. Siapkan fisik dan mental untuk menjajal tebing granit ini dan nikmati keindahan Sumatera Barat dari puncaknya.

 

  1. Gunung Ngglanggeran

Kompleks pegunungan purba yang berada di daerah Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini nggak hanya sekedar tempat wisata biasa saja. Kawasan ini cocok banget buat rock climbing karena struktur batu karst yang dimilikinya. Selain batu karstnya yang cantik, pegunungan ini punya struktur tebing yang berbeda-beda. Hal ini membuat pengalaman memanjat tebing makin menantang karena Kamu bisa memilih dari tebing yang paling mudah dahulu, hingga tebing yang susah. Wah, jadi penasaran nih!

 

  1. Gunung Parang

Gunung Parang yang berada di Jawa Barat ini cocok buat Kamu yang belum pernah mencoba olahraga rock climbing sebelumnya. Berbeda dengan tebing-tebing lainnya, di gunung Parang, Kamu bisa memanjat tebing menggunakan via verrata atau media panjat dari besi yang ditanam rapi di dinding-dinding tebing. Sekilas sih mirip batu-batuan yang biasa ada di tebing-tebing buatan, bedanya via veratta ini ditanam sangat rapi sehingga memudahkan untuk memanjat tebing sampai di puncaknya. Nggak perlu takut jatuh deh.

 

  1. Gunung Batu

Masih di Jawa Barat, tepatnya di Lembang, Gunung Batu Jonggol jadi favorit pemula untuk rock climbing setelah Gunung Parang. Selain karena tidak terlalu tinggi, medan untuk mendaki juga lebih mudah. Untuk mencapai puncak gunung ini, cukup memerlukan waktu 45 menit saja. Pengalaman mendaki tebing menjadi lebih lengkap karena pemandangan dari puncak gunung Batu yang terkenal indah. Bakal jadi pengalaman seru nih.

 

  1. Tebing Uluwatu

Tebing Uluwatu yang berada di Bali ini menjadi tempat favorit para rock climbers profesional dari seluruh dunia. Dengan ketinggian 75 sampai 100 meter dijamin semakin memacu adrenalin. Memang tebing ini terkenal horror karena strukturnya yang curam dan terjal. Tapi semua tantangan ini terbayar dengan pemandangan sunset yang bisa Kamu nikmati di puncak.

 

 

Tebing mana nih yang bakal didaki di akhir pekan ini?