Jakarta, 19 Mei 2022

Dilansir dari laman Klik Dokter, National Library of Medicine atau Pubmed mengungkapkan bahwa energy drink (minuman energi) memiliki dampak positif terhadap fungsi otak, seperti peningkatan memori, konsentrasi, dan waktu reaksi, serta pengurangan kelelahan mental. Demikian Klik Dokter memaparkan.

Tentunya dampak positif ini sangat bermanfaat bagi mereka dengan rutinitas yang membutuhkan otak bekerja maksimal, seperti atlet, pekerja kantoran, pekerja seni, dan sebagainya. Kratingdaeng hadir sebagai opsi energy drink yang mampu memberikan dampak positif tersebut tanpa efek samping sehingga aman untuk dikonsumsi dalam jumlah wajar.

Simak penjelasan terkait kandungan dan manfaat yang dimiliki Kratingdaeng untuk meningkatkan fungsi otakmu.

  1. Kafein.
    National Institute of Health dalam Klik Dokter menyatakan bahwa mengonsumsi minuman energy drink yang memiliki takaran 500 ml, terbukti memberikan pengaruh sekitar 24 persen pada peningkatan konsentrasi dan memori. Senyawa yang mampu memnstimulasi otak untuk bekerja demikian adalah kafein. Batas harian yang dianjurkan oleh Klik Dokter dalam mengonsumsi kafein adalah sebanyak 400 mg/hari. Demikian Klik Dokter memaparkan.

    Dengan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa takaran kafein pada Kratingdaeng tidak berbahaya dan bermanfaat. Sebab, satu botol Kratingdaeng hanya mengandung 50 mg kafein.
  2. Gula
    Tidak hanya kafein, dikutip dari pernyataan dr. Muhammad Iqbal Ramadhan pada laman Klik Dokter, banyak peneliti yang meyakini bahwa peningkatan gerak tubuh dan fungsi otak ini dihubungkan dengan adanya kandungan gula pada energy drink. Demikian Klik Dokter memaparkan.

    Mengenai batas harian mengonsumsi gula, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menganjurkan takaran maksimal sebanyak 50 gram/hari yang setara dengan 5 hingga 9 sendok teh. Dengan begitu, takaran gula pada Kratingdaeng dapat dikatakan bermanfaat dan tidak berbahaya. Sebab, satu botol Kratingdaeng hanya mengandung 25 gram gula murni.

Dengan penjelasan di atas, maka Kratingdaeng dapat dipercaya sebagai energy drink yang mampu memberikan manfaat baik bagi performa otak tanpa efek samping selama dikonsumsi sesuai anjuran, sebab apapun yang dikonsumsi dalam jumlah berlebih (termasuk air putih) tentunya dapat membahayakan tubuh.